Sejak tahun 2011, Kementerian PPN/Bappenas secara rutin memberikan Anugerah Pangripta Nusantara kepada Pemerintah Daerah dengan perencanaan pembangunan terbaik. Namun, mulai 2018, penghargaan tersebut berubah nama menjadi Penghargaan Pembangunan Daerah. Penilaian penghargaan tersebut kini lebih komprehensif dengan tidak hanya mempertimbangkan unsur perencanaan, namun juga pencapaian pembangunan daerah. Penghargaan Pembangunan Daerah Tahun 2018 diberikan kepada tiga provinsi terbaik, tiga kabupaten terbaik dan tiga kota terbaik. Penjurian dilakukan melalui proses berjenjang dengan melibatkan berbagai pihak, termasuk dari kalangan profesional, akademisi serta praktisi pembangunan. Objek dan ruang lingkup penilaian mencakup dokumen Rencana Kerja Pembangunan Daerah (RKPD), proses penyusunan RKPD, pencapaian pelaksanaan dokumen RKPD dan inovasi yang dikembangkan serta penilaian khusus terkait pelaksanaan pembangunan di daerah.

Tujuan adanya PPD adalah untuk mendorong setiap daerah, baik provinsi, kabupaten, dan kota untUk menyiapkan dokumen RKPD secara lebih baik, konsisten, komprehensif, terukur, dan dapat dilaksanakan. Serta menciptakan insentif bagi pemerintah daerah untuk mewujudkan perencanaan pembangunan yang lebih baik dan bermutu. Akumulasi dari rangkaian perencanaan daerah Kabupaten Sumbawa tahun 2018 maka pada tahun 2019 ini tepatnya tanggal 4 April 2019 Kabupaten Sumbawa meraih peringkat terbaik ke II  se-Provinsi Nusa Tenggara Barat pada Penghargaan Pembangunan Daerah (PPD) tahun 2019. Penghargaan tersebut diserahkan oleh Menteri BAPPENAS, Prof. Bambang Brodjonegoro SE. Ph,D kepada Wakil Bupati Sumbawa Drs H Mahmud Abdullah pada Acara Musrenbang Provinsi Nusa Tenggara Barat tahun 2019.

Semoga dengan prestasi ini dapat memotivasi pemerintah daerah Kabupaten Sumbawa untuk terus meningkatkan kualitas perencanaan pembangunan guna mewujudkan Kabupaten Sumbawa yang Hebat dan Bermartabat.