Bupati Sumbawa, melalui pemaparannya dalam Forum Pimpinan Daerah yang berlangsung Senin pagi, 1 April 2019 di Mataram, menyampaikan usulan penuntasan peningkatan jalan Batudulang – Tepal untuk dimuat dalam Rencana Kerja Pemerintah Daerah Provinsi NTB 2020. Forum yang dipimpin oleh Gubernur NTB dan seluruh Kepala Daerah se-Provinsi NTB serta seluruh Pimpinan OPD Provinsi itu merupakan forum yang diselenggarakan oleh Bappeda Provinsi NTB dalam rangka menjalin sinergitas perencanaan yang tertuang dalam rancangan RKPD Provinsi NTB dengan rancangan RKPD Kabupaten/Kota se-NTB. Forum yang diselenggarakan secara rutin setiap tahun ini merupakan bagian dari rangkaian event yang diselenggarakan secara rutin oleh Bappeda Provinsi NTB dalam rangka penyusunan RKPD Provinsi NTB 2020 yang puncak acaranya adalah event Musrenbang Provinsi NTB yang akan dilaksanakan tanggal 4 – 6 April yang akan datang.

H. Husni, begitu beliau akrab disapa, menegaskan bahwa partisipasi provinsi dalam penuntasan Batudulang – Tepal adalah sesuatu yang niscaya, mengingat bahwa penduduk yang berada di Kecamatan Batulanteh, Orong Telu termasuk di sebagian Kecamatan Tarano Kabupaten Sumbawa adalah juga warga NTB. “Kini saatnya Pemerintah Kabupaten Sumbawa mendorong ini untuk menjadi agenda Pemerintah Provinsi di tahun 2020” ujar H. Husni. “Mumpung Gubernur NTB sekarang adalah Tau Samawa, sudah sepatutnya Kabupaten Sumbawa diprioritaskan dalam RKPD Provinsi NTB 2020”. Ungkap beliau. Lebih lanjut H. Husni menjelaskan bahwa Tahun 2020 nanti APBN pasti akan banyak terkucur ke Pulau Lombok mengingat banyaknya rencana pemerintah provinsi yang juga prioritas nasional, salah satunya pembangunan sirkuit MotoGP di wilayah KEK Mandalika, sehingga APBD Provinsi akan lebih optimal dimanfaatkan untuk pengembangan infrastruktur di Pulau Sumbawa. “sudah saatnya menoleh lebih tajam ke Pulau Sumbawa” ungkap beliau.

Dalam kesempatan yang sama Gubernur NTB, DR. Zulkiefliemansyah M.Sc dalam merespon usulan-usulan tersebut mendorong intensitas pertemuan antara pimpinan daerah berkaitan dengan penyelesaian masalah-masalah pokok yang dihadapi oleh pemerintah Kabupaten/Kota. ‘Nothing New Under The Sun’, ungkap Gubernur dalam sambutannya. “Artinya tidak ada yang sama sekali baru di bawah matahari ini, sehingga permasalahan-permasalahan yang dihadapi oleh Pemerintah Kabupaten/Kota juga permasalahan yang dihadapi oleh Pemerintah Provinsi NTB. Oleh karena itu, sinergitas antar pemerintahan adalah faktor kunci dalam menjawab semua permasalahan di daerah ini” lanjutnya.

Dalam sambutan singkatnya, Gubernur juga meminta kepada Bupati/Walikota untuk dapat bersinergi dalam mewujudkan NTB Gemilang yang merupakan visi RPJMD NTB 2018-2023. Masih banyak pekerjaan rumah yang perlu dituntaskan ujar Gubernur. “Salah satunya adalah penuntasan rehab rekon pasca gempa NTB” pungkasnya.